4/18/2015

Bromo Im Comin ❤


Sebenernya pendakian ke kawah Gunung Bromo ini sudah lama sih tapi, kesannya masih terasa sampai sekarang.
Pertama kali sebagai warga Kota Malang tapi, baru aja ini naek Bromo.
Bersama mbak-mbak pekerja dan pegawai Siomay khas Malang, kita refreshing sejenak di Gunung Bromo ini untuk meregangkan pikiran dan otot-otot yang setiap hari posisi duduk.



 
Belok kiri Bromo belok kanan Semeru.

Sedikit legendanya Kawah Gunung Bromo tapi, ini versi cerita nenekku dulu pas masih SD. Diawali dengan kisah
cinta remaja Rara Anteng dan Jaka Seger, dulu dulu sebelum pembaca lahir, ada cewek cantik keturunan dewa namanya Rara Anteng lahir di daerah Penanjakan atau yang kita sebut Bukit Tubby dan di sisi laen Penanjakan ada mas mas yang namanya Jaka Seger.

Mbak-mbak pegawai yang unyuh-unyuh pada semangat untuk pendakian Gunung Bromo waktu itu.

Padang Savana adalah tempat ketemunya si dua sejoli adam dan hawanya orang Malang, Rara Anteng dan si Jaka Seger. Padang Savana ini luar biasa Subhanallah indahnya. Setiap ilalang yang ada di sana seolah-olah manggil nama kamu dan mempersihlahkan tidur di tengah-tengah mereka. Hamparannya gak kejangkau dan membuat kalian berdzikir terus-menerus sama sang penguasa.


Gimana Guys ? Mereka bertemu di tempat secuil surga ini. Kalo kisah cintamu ketemu di media social apa ?


Berlanjut cerita setelah Rara Jonggrang dewasa dan menjadi gadis yang luar biasa cantik, akhir nya dan dilamar lah dia sama seorang sakti. Rara Jonggrang udah terlanjur icikiwir sama si Jaka Seger akhirnya dia kasih tantangan kepada Si orang Sakti tersebut. Karena cewek jaman dulu mintanya aneh-aneh gak cuma pengen dingertiin aja, di perintahlah si orang sakti itu untuk membuat lautan di tengah gunung dalam satu malam dan namanya juga Orang Sakti mungkin ya di sanggupin aja. Lautan di tengah gunung itulah yang jadi Kawah Gunung Bromo yang biasanya di buat sembahyang Suku Tengger di sana.

 

maaf, Sinta emang narsis hehe kawahnya di belakangku. Tangganya tinggi banget tapi kita semua semangat buat naek keatas sana hehe. Tangga itu asslinya sampe bawah, ada jembatannya juga tapi udah hancur, gara-gara Gunung Bromo pernah batuk-batuk tahun 2003 an kemaren.


Kan tadi ceritanya si orang sakti berhasil bikin lautan di tengah gunung dan BOOM  jadilah kawah Bromo dan proses pembuatannya itu pake tempurung kelapa guys -namanya juga Orang Sakti-. Saat si Rara Jonggrang tahu kalo 'Lautan di Tengah Gunung' itu hampir setengah jadi, berputarlah akalnya dan akhirnya dia menumbuk padi biar ayam berkokok dan di kira si Sakti, itu hari sudah pagi. Marahlah si sakti waktu tau hari sudah mulai berganti karna tantangannya di kira gagal dia penuhi dan di lemparnya tempurung kelapa itu di sebelah kawah yang sekarang kita kenal sebagai Gunung Bathok. Bentuknya mirip bathok/tempurung kelapa guys.


 

Umik, bersama om Tokek alias Tokek Crew yang mengantarkan perjalanan kita ke surga ini guys. Jadi , orang jaman dulu mintanya emang aneh-aneh tapi, dampaknya bisa kita rasakan keindahannya sampai sekarang. Sekarang, semua pohon di tebang, lahan di keruk jadi perumahan, hotel, dan pusat perbelanjaan. Oh iya, buat para cowok, kalian itu masih beruntung ceweknya  minta di perhatiin, dulu, minta di bikinin Candi 1000, Kawah Bromo , macem-macem dan aneh-aneh deh pokok eee.

Semua berakhir bahagia, akhirnya Si Rara aneng menikah dengan Jaka Seger dan diambil dari kedua nama mereka jadilah suku TengGer suku asli daerah gunung Bromo yang kita kenal di soal-soal ujian Bahasa Indonesia biasanya.

Guys, tetap lestarikan dan DIJAGA keperawanan Indonesia yah. Mungkin kaliana juga pingin banget kesini tapi ingat, tujuan nya adalah wisata dan hormati setiap yang ada , kealamian, keaslian, dan keindahan alam itu.

*note : ceritanya agak nyontek di http://wisatabromo.com/sejarah-gunung-bromo/ di sana lebih lengkap guys.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar