6/03/2016

Edisi Rambut : Do and Don't Frizzy Hair ( Merawat Rambut Frizzy)

Hai gaes, Kali ini aku akan membahas apa saja ang perlu dan tidak perlu dilakukan untuk merawat rambut yang super kaku, kasar, kusut, pokoknya frizzy banget deh seperti raambut aku ini.

Baikjlah, sebelumnya aku mau kasih tau kalau tips dan cara yang aku tulis adalah beberapa referensi dan hasil trial error selama aku merawat mahkota aku yang super susah diatur ini.

Sebelumnya, aku mau bahas secara singkat rambut yang alami sudah kaku itu dikarenakan kulit kepala kita adalah jenis yang kering. Kondisi tersebut menyebabkan rambut kita jadi kekurangan minyak dan akhirnya kelembapannya kurang banget. jika seperti itu, kandungan protein dirambut gak maksimal akhirnya si rambut kusut, kaku, kasar, dan mudah patah.
Lain lagi dengan rambut yang sering di bleaching dan dicatok, biasanya kandungan keratin dari rambut berkurang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk rambut yang rusaak adalah :

1. yuk cari Sahmppo dan Conditioner yang berlabel "Damage" dan "Keratin Active"

Produk tersebut akan membantu untuk mengisi keratin di rambut kamu. Keratin sendiri memiliki fungsi sebagai penguat rambut.

2. Minyak kelapa gak cuma buat goreng tempe

Sering-seringlah mengaplikasikan minyak kelapa di batang rambut hingga ujungnya sebelum tidur gaes. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelembab untuk rambut kamu biar gak kelihatan kering dan kusam. Besok paginya bakal kelihatan lebih shiny gitu.

3. Masker ilah rambutmu dengan yang berbahan alami

Untuk masker rambut, sebaiknya menggunakan bahan yang alami saja lebih mujarab. Kulit kepala yang kering tidak terlalu baik kalau menerima bahan kimia yang berlebihan.
Masker rambut yang biasa aku pakai adalah campuran dari lidah buaya dan pisang gaes. Di posingan selanjutny aaku bakal mereview dan memberikan tutorialnya.

4. Berbahagialah tidak rajin keramas

Karena kondisi kulit kepala kita yang kering, maka sebaiknya keramas 3-4 hari sekali agar menjaga kelembapan rambut kita gaes.

5. Minum air putih biar tetep fokus dan . . .

Kalian pasti tau kan kalau 70% kandungan tubuh adalah air. Air memiliki peranan penting dalam kelangsungan hidup kita terutama pada rambut. Air juga menjaga kelembapan dan mengantar zat yang dibutuhkan oleh rambut kita.
Sangat dianjurkan sekali untuk minum 2liter dalam sehari.

Hal-hal yang harus dihindari untuk perawatan rambut rusak :
1. Setelah keramas, rambut diusap-usa handuk

Hellooo, rambut yang udah kusut kering, malah diusap-usap sama kain handuk. Aduuuh , malah kegesek dan memper-parah loh gaes. STOP! kebiasan itu atau rambut kamu akan tambah mekar kayak singa.
Setelah keramas, cukup balut aja rambut kamu dan diremas lembut yah gaes. Solusi lainnya adalah mengganti handuk kamu dengan handuk mikro. Handuk mikro lebih cepat menyerap air yang ada dirambut ketibang rambut biasa.

2. Gonta-ganti cat jangka waktu dekat

Gaes, mengkustom rambut apalagi dengan mengect rambut boleh kok, tapi, harus tau batasannya. Rambut juga butuh istirahat dari bahan kimia dan zat-zat tidak alami lainnya gaes. Apalagi dibleaching pastilah rambut jadi kaku dan rusak setelah pemakaian.

3. Keramas denga air hangat

Boleh boleh saja sih gaes, cuma jangan sering-sering yah. Air hangat itu memperbesar pori-pori kamu, akhirnya tambah rontok deh ntar rambutnya.

4. Rambut terlalu lama terpapar sinar matahari langsung

Ini diapenyebab yang sering tidak kita sadarai. Yep, paparan sinar matahari yang secara langsung ke rambut itu bikin rambut juga cepet kusut loh gaes. Pakailah sunblock di rambu tkamu, atau, pakailah penutup kepala yah gaes kalau keluar rumah biar rambut terlindungi dari paparan sinar matahari.


Semoga semua saran yang aku tuliskan bisa jadi referensi kamu dan bermanfaat bagi kelangsungan rambut indah kamu yah gaes.

*Jangan lupa untuk share dan comment yah gaes ^^ Terimakasih sudah mampir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar